Turis ASEAN jadi pasar potensial pariwisata DIY

wisatawan asing yang berasal dari sejumlah negara di wilayah asean menjadi pasar potensial yang bisa ditekuni lebih serius dengan kaum pelaku pariwisata selama diy.

berdasarkan grafik kunjungan wisatawan asing ke diy, jumlah wisatawan dari negara-negara asean terutama singapura, malaysia serta thailand terus mengalami peningkatan dan menggembirakan, papar ketua association of the indonesia tours and travels (asita) yogyakarta edwin ismedi himna pada yogyakarta, jumat.

menurut dia, tingginya jumlah wisatawan asing daripada asean dan berkunjung ke yogyakarta dipengaruhi oleh sederat aspek seperti jarak yang tak begitu jauh serta transportasi dan semakin tidak susah.

upaya untuk memperbaiki kunjungan wisatawan asing terutama dari asean hendak diselenggarakan dengan upaya promosi, salah satunya yang paling gampat ditempuh adalah jogja travel mart 2013 yang hendak diselenggarakan di 5--8 mei.

Informasi Lainnya:

edwin menyatakan, pada kegiatan promosi pariwisata itu, setidaknya akan dikuti dengan 130 buyers dari sederat negara seperti pelaku wisata selama malaysia, singapura, thailand, australia, korea, jepang, rusia dan india.

selain dikuti pelaku wisata daripada luar negeri, aktifitas tersebut dan mau dihadiri dengan sekitar 55 buyers domestik dan juga baru merupakan pasar potensial bagi pelaku wisata di diy.

kami ingin mengajak kaum pelaku wisata itu mengunjungi sejumlah info lokasi wisata yang ada dalam yogyakarta dan sekitarnya untuk lebih menjelaskan tujuan-tujuan wisata itu terhadap wisatawan asing, katanya.

sejumlah tujuan wisata dan hendak didatangi selama antaranya lava tour merapi mencari jeep, juga sejumlah wisata budaya yang sudah merupakan ikon yogyakarta seperti malioboro, keraton yogyakarta serta serta candi borobudur.

berdasarkan data daripada dinas pariwisata diy selama 2012, wisatawan yang berkunjung ke diy mencapai 2,4 juta pihak, dan 190.000 di antaranya merupakan wisatawan asing. persentasi wisatawan asing tersebut mengalami kenaikan 18 persen dibanding tahun sebelumnya.

wisatawan asing dan paling ada berkunjung ke yogyakarta berasal dari belanda, perancis, malaysia, singapura serta australia.

kami berharap, dengan jogja travel mart ini, kunjungan wisatawan dari negara-negara asean dapat terus meningkat. apalagi, akan banyak wisata minat khusus yang menantang, semisal arung jeram di sungai progo, panjat tebing di pantai siung, jelajah goa serta lainnya, papar kepala bidang pemasaran dinas pariwisata diy heri lencono.