China sangat cemas pada Jepang dan Taiwan

china sangat cemas setelah jepang dan taiwan menandatangani perjanjian penangkapan ikan dalam laut sekitar kelompok pulau bersengketa dalam laut china timur, dan maka pusat konflik beijing dengan tokyo.

kami amat cemas selama jepang juga taiwan, dan membicarakan dan menandatangani perjanjian penangkapan ikan, papar juru bicara kementerian luar negeri china, hong lei, selama jumpa wartawan, selama beijing, rabu.

kami mengharapkan jepang dengan sungguh-sungguh menaati janji-janjinya tentang masalah taiwan dan mengambil tindakan waspada serta bisa, katanya.

jepang memiliki hubungan diplomatik cuma dengan china; serta mengakui taiwan sebagai wilayah china, sementara negara itu mempertahankan hubungan ekonomi erat serta kebudayaan melalui taiwan.

Informasi Lainnya:

china juga taiwan memiliki pemerintahan terpisah sejak pasukan nasionalis dikalahkan juga lari ke pulau itu selama akhir perang saudara dengan komunis dalam 1949. china, manakala perlu akan membeli kekuatan militer agar membayarkan lagi taiwan dibawah kekuasaannya.

kendati china di umumnya senang terhadap taiwan menandatangani perjanjian-perjanjian perdagangan juga bisnis dengan negara-negara lain tampaknya negara tersebut tak setuju pada perjanjian-perjanjian yang menungkapkan taiwan adalah Satu negara yang berdaulat.

jepang mencapai papar sepakat melalui taiwan agar mengizinkan kapal-kapal nelayan taiwan beroperasi pada bagian daripada zona ekslusif jepang pada kurang lebih pulau-pulau dan dikuasai jepang, tetapi dan diklaim dengan china dan taiwan.