India optimis sengketa dengan China bisa diselesaikan

perdana menteri india manmohan singh, sabtu, menungkapkan ia yakin sengketa perbatasan menyangkut sebuah aksi penyerbuan tentara china dapat diselesaikan, tutur kantor berita press trust of india (pti).

itu merupakan Salah satu masalah daerah, kami yakin tersebut bisa diselesaikan, papar singh yang dikutip kantor berita tersebut sesudah tentara china dituduh memasuki daerah yang disengketakan pada ladakh awal bulan ini.

india serta china memiliki Salah satu perbatasan yang disengketakan, serta hubungan mereka sering terganggu sejak perang perbatasan tahun 1962. penyerbuan dan dituduh itu adalah Satu ketegangan masih diantara dua negara asia dan bertetangga tersebut.

pernyataan singh tersebut dikemukakan sesudah menteri pertahanan india shashi kant sharma menyampaian Salah satu catatan tentang insiden tersebut terhadap pengawas parlemen, jumat, di mana media lokal menyatakan ia menuduh tentara china memasuki hampir 20 kilometer ke di wilayah dan diklaim adalah teritori india.

Informasi Lainnya:

pernyataan perdana menteri tersebut, pertama dan disampaikannya tentang sengketa itu, mengulangi pernyataan-pernyataan kaum menteri pemerintah yang lain yang mengabaikan penyerbuan pada bagian barat wilayah ladakh dalam kashmir yang dimengerti india serta menegaskan masalah tersebut bisa diselesaikan secara damai.

kami sudah memiliki Satu rencana, kami tidak akan memperbesar situasi tersebut, tutur singh, tanpa menjelaskan lebih jauh.

menurut para pejabat dalam new delhi, Salah satu peleton pasukan china membangun Salah satu kamp di selama daerah india itu dalam 15 april.

menteri luar negeri india salman khurshid awal pekan ini mengumumkan ia akan bertolak ke china dalam 8 mei, dan mengatakan kedua negara mempunyai keinginan bersama tak mengizinkan sengketa tersebut merusak hubungan sudah mengalami kemajuan di masa berlarut.

perundingan-perundingan tingkat perwira militer dan lebih rendah sejauh ini gagal keluar dari kemacetan dalam menyelesaikan sengketa itu.