Ratu Elizabeth II akan hadiri pemakaman Thatcher

ratu elizabeth ii ingin menghadiri pemakaman mantan perdana menteri inggris, margareth thatcher, rabu (20/4); sebuah penghormatan yang langka, dan mengungkap hubungan dekat dan dirahasiakan diantara dua hawa paling terkenal dan berkuasa pada dunia tersebut.

kehadiran elizabeth ii dalam upacara pemakaman --yang diatur atas persetujuan kerajaan-- bisa saja merupakan akhir gosip yang mengatakan keduanya tidak mampu akur. kedua wanita itu, diakui dunia dijadikan hawa pemimpin besar dalam masanya.

itu akan adalah kesempatan pertama kiranya elizabeth ii --yang sekarang berumur 86 tahun-- menghadiri pemakaman perdana menterinya, sejak pemakaman winston churchill pada 1965.

antara 1979 juga 1990, hawa pertama yang adalah perdana menteri inggris tersebut menggelar audiensi melalui ratu elizabeth ii semua selasa, pekan demi pekan. khususnya saat kepulauan falkland selama atlantik selatan direbut argentina pada 1982.

Informasi Lainnya:

tatcher dibuat kepala pemerintahan memerintahkan angkatan perang kerajaan inggris raya supaya merebut tinggal kepulauan kedaulatannya, dan berjarak lebih dari separuh dunia. serbuan terserah itu berhasil, union jack berkibar terserah pada kepulauan falkland sampai sekarang.

percakapan kedua tokoh itu amat luas serta blak-blakan tetapi tak pernah direkam juga dipublikasikan.

sebagai ahli kerajaan, pandangan politik ratu elizabeth ii tak sudah dikenal.

pada bagiannya, thatcher setia selama kesepakatannya serta menyingkap amat terbatas persahabatan mereka dalam 11 tahun tersebut dalam otobiografi berjudul the downing street years dalam 1993.

semua hadirin di pertemuan dengan ratu elizabeth ii, adalah orang-orang yang sangat terjamin, tulisnya.

mereka yang membayangkan diantaranya melakukan formalitas juga pertemuan sosial adalah salah, mereka melaksanakan tugas, dan mulia serta mendengar masalah-masalah dan sedang terjadi serta pengalaman dan luas.

pada 1986, surat kabar the sunday times menyiarkan bocoran dari istana buckingham dan menyampaikan bahwa ratu khawatir mau dampak sosial dari kebijakan ekonomi thatcher, serta menyadari thatcher kurang memperhatikan juga tidak menyetujui kepergiannya untuk memberikan sanksi persemakmuran ke afrika selatan.

bocoran itu memicu kehebohan serta dibantah dijadikan catatan dan salah juga dilebih-lebihkan.

keduanya cuma berselisih usia enam bulan, tumbuh melewati masa-masa perang dunia ii juga menghadapi perubahan sosial dan ekonomi yang sama.

saya pikir hubungan mereka jauh lebih menarik ketimbang yang disiarkan dengan media, juga Satu hal yang mereka tak akan sepakati merupakan masalah persemakmuran, papar penulis biografi kerajaan hugo vickers terhadap afp.

satu keuntungan dan saya tahu, kiranya ratu amat sedih atas langkah thatcher terdepak daripada partai konservatif. ratu berpendapat itu adalah keuntungan yang amat mengerikan agar terjadi, katanya.

ratu langsung memberinya dua penghargaan bergengsi dan jarang diberikan yaitu order of merit dan order of garter. tatcher juga berhak atas kebutuhan gelas baroness selama depan namanya, oleh karenanya dia serta bernama baroness tatcher, di depan nama lengkapnya, margaret hilda robert tatcher.

penganugerahan kedua gelar kebesaran kerajaan inggris raya tersebut menunjukkan ratu elizabeth ii menyukai tatcher, karena kedua bidang penghargaan tersebut adalah hadiah pribadi dari ratu.

ratu amat jarang menghadiri pesta pribadi perdana menteri, akan tetapi ia datang dalam perayaan ulang tahun ke-80 thatcher, di 2005.