Toyota Karawang minim serap lulusan SMK lokal

pt toyota motor manufacturing indonesia kabupaten karawang, jawa barat, masih minim menyerap tenaga kerja dari lulusan sekolah menengah kejuruan lokal karena keterampilan lulusan smk karawang kurang mengikuti standar perusahaan itu.

pada dasarnya kami berkomitmen memberi kesempatan seluas-luasnya terhadap alumni smk yang banyak selama karawang. akan tetapi kami mempunyai standar keterampilan dan sudah ditetapkan, tutur doddy irawan, section head community relations community development pt toyota motor manufacturing indonesia (tmmin), selama karawang, selasa.

dikatakannya, sekalipun sudah dibuka kesempatan dan luas terhadap alumni smk dan banyak di karawang supaya bergabung dalam pt tmmin, masih lumayan minim mereka dan berhasil masuk ke perusahaan itu. karena dilihat daripada ketrampilannya, mereka tidak mengikuti standar dan sudah ditetapkan.

ia menyontohkan, di proses perekrutan karyawan pt tmmin 6 april 2013, terkandung 400 pihak yang merupakan alumni smk dan ada pada karawang. mereka yang daftar itu adalah lulusan siswa smk paling pas dan dikirim dengan masing-masing sekolah.

Informasi Lainnya:

berdasarkan dengan seleksi perekrutan, kata dia, hasilnya tidak menunjukkan hal-hal dan menggembirakan. dari ratusan peserta yang daftar itu, hanya 20 orang yang berhasil diterima sebagai karyawan.

prosentasenya berarti sangat kecil. kondisi tersebut menunjukkan nilai studi kejuruan di karawang masih rendah. padahal, kami harapkan kasus lulusan smk dalam karawang yang diterima selama pt tmmin lebih ada, kata dia.

manager general affair division dapertemen community relation pt tmmin teguh wahyu menyampaikan, proses perekrutan karyawan di perusahaannya digelar langsung dengan konsultan independen yang mempunyai standar. karena itu, pihak perusahaan tidak bisa mengintervensi hasil perekrutan karyawan tersebut.

menurut dia, untuk lebih meningkatkan penyerapan tenaga kerja lulusan smk karawang dalam pt tmmin, dilakukan peningkatan skill terhadap kaum siswa smk dengan situs training juga magang selama 3-6 bulan pada perusahaan itu.

training tersebut dan diberikan pada para guru makanya mereka dapat menularkan kemampuannya pada siswanya. dengan terlalu dicari skill mereka mampu sesuai standar yang ditetapkan toyota.

manager head community relations community development pt tmmin yanuarto widi handoko menungkapkan, di tahun ini pt tmmin melayani karyawan baru agar menghabiskan tenaga operator sebanyak 2.500 pihak.

ia mengakui tenaga operator tersebut lebih banyak berasal dari luar karawang sebab daripada sisi ketrampilan, mereka lebih unggul.

karena itu, ia harapkan supaya siswa smk pada karawang dapat menambah ketrampilannya, makanya ke depan tenaga operator pt tmmin tersebut mampu diisi kaum alumnni smk karawang.