Duka Boston untuk mahasiswi China yang brilian ini

tiga mahasiswi universitas boston asal china juga saling bersahabat, mengalami nasib berbeda akibat bom maraton boston lalu. lu lingzi tewas, zhou danling luka parah, sementara satunya lagi selamat.

seluruh kampus berduka untuk kematian lu, mahasiswi brilian jurusan matematika dan masih september tahun kemarin berada di boston, supaya berkuliah di universitas bergengsi itu.

ketiga wanita ini merupakan termasuk ratusan pihak yang terkena ledakan dua bom dalam garis finish lomba maraton boston. bom-bom ini menewaskan tiga pihak dan melukai 180 pihak.

kepala jurusan matematika universitas boston kathleen heavey menyatakan berbagai sivitas akademika berduka untuk korban.

Informasi Lainnya:

hati dan pikiran kami bersama dengan keluarga juga kerabat korban, kata robert brown, rektor universitas dan mempunyai 31.000 mahasiswa daripada 100 negara tersebut.

sebuah acara supaya menghormati kaum korban sudah dipersiapkan, pun itulah sebuah pemakaman massal digelar kamis ini.

lu serta zhu adalah tergolong ratusan mahasiswa china selama boston.

sebelum memenuhi maraton, lu memposting foto dia tengah menikmati sarapan khas china dalam jejaring sosial china, weibo. sarapanku dan luar biasa, tulisnya di bahasa inggris seperti dikutip afp.

para mahasiswa melalui tidak putus asa mencari lu ketika dia dinyatakan hilang dari senin malam. zhu menjalani sejumlah operasi selama properti sakit juga disebut pada kondisi stabil.

dia dikelilingi teman-temannya, dan dia mau langsung dinikmati keluarganya, kata pendeta universitas itu, reverend robert hill.

mahasiswi ketiga masih tetap anonim dan terlalu berat agar berbicara, papar kaum mahasiswa.

gao qin, mahasiswa jurusan hukum berusia 24 tahun asal shanghai, mengatakan berbagai pihak mengkhawatirkan lu, semua orang bekerja mencarinya setelah dikabarkan hilang.

semua pihak terkejut serta sedih bila mereka mendapati gadis tersebut telah meninggal, sambung gao seperti dikutip afp.

banyak daripada teman-teman aku adalah temannya serta, karena ini adalah komunitas dan sangat kecil. mereka mengenang betapa lucu serta menyenangkannya dia. dia dan pekerja keras.

lu bersekolah selama shenyang, 2012 meraih sarjana ekonomi serta perdagangan internasional selama institut teknologi beijing.

pada 2010, dia berkuliah pada universitas california di riverside dalam tiga bulan demi memperbesar peluangnya dapat berkuliah pada situ.

para profesor boston menyebutnya sebagai mahasiswi yang cemerlang.

mahasiswa teologi meghan nelson meletakkan sepasang sepatu, bunga dan gantungan kunci universitas itu dalam depan memorial martin luther king supaya menghormati mahasiswi yang tewas ini.

joy lin, mahasiwa berusia 23 tahun daripada beijing, meletakkan topi hijau dan tulisan berbunyi daripada boston juga beijing bersama cinta.

dia pihak cina juga saya dan cina. topi ini khas boston. banyak imigran irlandia datang ke sini. boston merupakan rumahku. saya amat mencintai boston, kata dia.

sejumlah mahasiswa universitas boston adalah saksi daripada pemboman itu serta pilihan keduanya menjadi relawan pascapemboman.

derrick kwok tadinya menjadi relawan agar pelari dan kelelahan juga membutuhkan pemeliharaan kesehatan dalam gampat ditempuh garis finish. tapi selama situasi yang berubah dramatis dia beralih mempunyai tandu agar para korban pemboman.

relawan lainnya, alex kwok, menyatakan merasakan kedua ledakan itu. tadinya dia mengira ada tenda roboh ataupun generator meledak. aku tak yakin itu bom semisal perkiraan awal orang di umumnya, tutur dia semisal dikutip afp.