Diaspora Indonesia Dallas-Forth Worth Rindu Tanah Air

banyak diaspora indonesia di dallas- fort worth serta sekitarnya, khususnya kaum senior dan meneteskan air mata pada kampus university of texas (ut) di dallas, amerika serikat (as), sabtu malam kemarin (13/4) karena rindu di tanah air.

rasa kangen serta rindu mereka kepada tanah air ditampilkan saat menyaksikan pertunjukan seni dan budaya pada acara `indonesian night, exploring indonesia 2013` dan diselenggarakan pada salah Satu kampus universitas terkemuka as tersebut, konsul jenderal ri selama houston, texas, al busyra basnur menyatakan pada pernyataan pers, senin.

bahkan ada yang menungkapkan mau pulang ke indonesia tahun ini melepas rindu, kalau dapat mereka hendak menghadiri kongres diaspora indonesia pada jakarta bulan agustus 2013.

malam indonesia dan dihadiri sekitar 400 orang itu diselenggarakan oleh konsulat jenderal ri pada houston, texas bekerjasama melalui university of texas dalam dallas dan kerukunan warga indonesia (kmi) di dallas-fort worth.

Informasi Lainnya:

sudah lama mereka tidak pulang ke tanah air dan menyaksikan pertunjukan seni budaya indonesia. tari serta nyanyi yang ditampilkan oleh penduduk diaspora indonesia antara lain kuda lumping, indang-dindin badindin, cendrawasih, lenggak lenggok jakarta, gebyar, angklung, puspanjali, pencak silat dan coir orchestra dan mencari lagu tanah air serta kulihat ibu pertiwi.

acara dibuka oleh dekan, dr. dennis m. kratz mewakili presiden universitas, walikota richardson bob townsend dan konsul jenderal ri di houston al busyra basnur. hadir serta para pejabat pemerintah kota dallas, tokoh masyarakat as serta diaspora indonesia.

konjen ri, al busyra basnur menyatakan kiranya acara itu dimaksudkan supaya lebih memperkenalkan indonesia dengan semua potensinya dikalangan pemerintah serta warga kota richardson, dallas, fort worth juga sekitarnya.

ada kurang lebih 2.000 penduduk indonesia pada dallas-fort worth juga sekitarnya yang terdaftar dalam kjri houston, kata al busyra basnur.

sebelumnya, tahun lalu, konjen al busyra basnur dan memberikan bendera indonesia kepada walikota dallas di sebuah upacara khusus dihadiri sekitar 200 orang. bendera tersebut berkibar di salah Satu ruang kantor walikota itu sampai kini.

keberadaan bendera merah putih kita itu menunjukkan semangat juga persahabatan erat indonesia dengan kota dallas, lanjut al busyra.

donny tigor, ketua kerukunan penduduk indonesia dallas-fort worth dan juga ketua panitia acara malam indonesia itu menyampaikan kiranya masyarakat diaspora indonesia menyadari bahwa mereka mengakibatkan kewajiban supaya mengiklankan indonesia dalam kota itu.

untuk itulah kami dan didukung oleh kjri houston menyelenggarakan acara ini, selain sudah pasti agar meningkatkan rasa cinta tanah air, papar tigor.

sebelumnya, selama pagi hingga siang hari yang sama, diadakan pula indonesia golf tournament and business gathering pada bear creek golf course dallas yang diikuti 80 pihak terdiri daripada pejabat pemerintah setempat, pengusaha, profesional as dan diaspora indonesia.

turnamen golf juga pertemuan bisnis ini untuk dan kedua kalinya digelar pada dallas-fort worth, yang sebelumnya tahun 2011, papar al busyra.