FSGI usulkan Kurikulum 2013 ditunda

federasi serikat guru indonesia mengusulkan peluncuran kurikulum 2013 agar ditunda sebab dinilai belum ada kesesuaian dan kesiapan pengajar.

sebaiknya kurikulum 2013 itu ditunda lagi, benahi saja lagi guru-gurunya, beri mereka latihan, tutur sekretaris jenderal fsgi retno listyarti dalam seminar penguatan empat pilar kebangsaan di dunia pendidikan yang dengan tema mengukuhkan pendidikan kewargaan bagi kokohnya nilai-nilai kebangsaan di jakarta, selasa.

retno menilai guru merupakan kunci keberhasilan suatu pengaplikasian kurikulum.

guru telah harus dibangun karena bagaimanapun dia merupakan kucinya dan memenage alur kemana siswa ini ingin dibawa, katanya.

karena itu, dia juga mengusulkan diadakannya pelatihan supaya guru-guru untuk memahami betul kurikulum jika hendak diterapkan.

dia serta menolak ditermpakannya kurikulum 2013 karena ada beberapa kompetensi dasar dan kompetensi inti dan tidak dipaparkan dengan detail.

Lainnya: Jual Jam Tangan Murah - Jual Jam Tangan Online - Jam Tangan Murah - Jual Jam Tangan Online

saya menolak kurikulum ini sebab isinya tidak menggambarkan niat untuk mengembangkan studi kita, katanya

guru studi pancasila juga kewarganegaraan (ppkn) sma 13 tersebut menilai sejumlah kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 tidak terintegrasi, oleh karenanya lokasi pembelajaran besar agar dicapai.

dalam kompetensi itu dikenalkan siswa mesti mengenal pasal-pasal, tetapi tak dikenalkan pasal berapa. mesti berapa banyak pasal yang harus dipelajari mereka, katanya.

bahkan, retno mengusulkan supaya dilaksanakan uji silahkan kurikulum 2013 tersebut.

di pilihan negara dan diadakan uji coba, semisal singapura serta inggris supaya mengetahui kekurangannya juga jangan begitu terburu-buru diterapkan, ujarnya.

dia memberi usul uji coba itu kira-kira selama dua tahun sebelum kurikulum tersebut diimplementasikan.

sementara itu, direktur pembinaan sma direktorat jenderal pendidikan menengah kementerian studi dan kebudayaan (kemendikbud) harris iskandar menyampaikan kurikulum 2013 tersebut masih selama bentuk dokumen rancangan (draft), sehingga masih dapat dikaji ulang.

kalau ada kritik, silakan ke badan penelitian serta pengembangan (balitbang) kemendikbud maka bisa dikaji, dikurang serta ditambah, katanya.

dia memaparkan pihaknya juga sedang memasukkan pendidikan karakter serta budi pekerti luhur dalam kurikulum tersebut.

jadi, kurikulum 2013 ini tujuannya adalah takwa. karena tersebut, kita dorong prinsipnya untuk menyerahkan porsi lebih banyak kepada mata pelajaran ppkn untuk sd, smp dan sma, ujarnya.

harris mengajarkan kurikulum 2013 itu menekankan aspek olah pikir (kognitif), olah hati yang membentuk pribadi jujur, olah rasa menanamkan kepedulian serta olahraga membentuk fisik dan tangguh.

dalam kurikulum 2013, beberapa mata pelajaran akan disederhanakan, salah satunya cuma mau banyak enam dari 12 mata pelajaran dan akan diajarkan, seperti studi agama, (ppkn), matematika, bahasa indonesia, seni budaya juga penjaskes, tetapi ipa dan ips mau dihapus.

kurikulum dan mengisi anggaran hingga rp2,94 triliun itu bertujuan supaya mengantisipasi ketinggalan, mempercepat ketinggalan pelajaran serta menunjang pendidikan nasional ke arah dan lebih bagus yang dan menjadi tujuan nasional.