Pemilu Malaysia digelar, jutaan warga datangi TPS

sekitar 13,26 juta penduduk negara malaysia hari ini secara serentak mendatangi tempat-tempat pemungutan suara (tps) dan telah ditetapkan guna menyampaikan aspirasinya di pemilihan raya publik (pru-13) malaysia.

pemilu ini diselenggarakan dari pukul 08.00 pagi sampai 17.00 masa setempat dalam 8.789 tps dalam berbagai malaysia.

di kuala lumpur, minggu, penduduk malaysia sejak pagi sudah mulai berdatangan juga kaum pemilih itu tampak antusias supaya menyatakan hak suaranya pada tps yang berdekatan dengan tempat tinggalnya.

bahkan, angka penduduk dan ke tps semakin ramai meski ditengah panas teriknya matahari.

Informasi Lainnya:

perdana menteri malaysia datuk seri najib tun razak menungkapkan pemilu di malaysia berjalan melalui lancar oleh karenanya tak ada alasan untuk mempertanyakan hasilnya.

tidak banyak alasan untuk takut ataupun cemas karena berbagai bisa dikendalikan, kata najib setelah memberikan suaranya bersama istri datin seri rosmah mansor dalam pekan, pahang, seperti dikutip thestar internet.

najib mengatakan, koalisi yang dipimpinnya barisan nasional usah memenangi pemilu kali ini karena kami memiliki rekam jejak yang lebih baik dan jadwal dan lebih bagus supaya malaysia.

sementara itu pemimpin oposisi datuk seri anwar ibrahim serta istrinya datuk seri wan azizah wan ismail memberikan suaranya dalam sekolah kebangsaan penanti, permatang pauh, pulau pinang dalam jam 8.40 masa setempat.

anwar mengaku optimistik koalisi oposisi pakatan rakyat ingin menang. apabila pemungutan suara berjalan melalui bagus, kemungkinan kami agar menang serta tinggi, ujarnya.

polisi melarang kaum pendukung partai untuk mengerjakan konvoi kendaraan ataupun aksi jalanan lain setelah hasil awal pemilu diumumkan.

deputi inspektur jendral polisi tan sri khalid abu bakar mengatakan walaupun tidak ada indikasi adanya kerusuhan hari ini, kebijakan itu tetap diambil untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

kami minta berbagai bagian bisa melayani hasil pemilu melalui lapang dada, ujarnya.

polisi juga memperingatkan pihak-pihak dan berencana mengadakan perhimpunan kebangkitan rakyat dalam putrajaya hari ini agar tidak meneruskan rencananya tersebut.

inspektur jendral polisi tan sri ismail omar mengatakan polisi telah menerima Informasi tentang rencana tersebut yang dimaksudkan agar menolak hasil pemungutan suara kalau hasil tersebut tak berpihak di partai tertentu.

koordinator penampilan itu akan mengumpulkan kurang lebih 5 ribu pihak dalam masjid putrajaya tidak jauh kompleks kantor perdana menteri.

semua bagian harus melayani hasil pemilu dan polisi telah bersiap agar mengambil aksi terhadap mereka yang hendak mengganggu keamanan dan ketertiban, tegasnya.